Minggu, 30 Maret 2014

TUGAS AKHIR STT TEXMACO



BAB I
KETENTUAN DAN PELAKSANAAN TUGAS AKHIR (TA)
DAN SIDANG SARJANA DAN DIPLOMA
A. KETENTUAN TUGAS AKHIR (TA)
1.      Tugas Akhir adalah suatu bentuk karya tulis ilmiah mahasiswa yang didalamnya berisi tentang hasil-hasil penelitian dan atau studi kasus mahasiswa serta diujikan pada Ujian Sidang Diploma/Sarjana.
2.      Tugas Akhir sebagai salah satu syarat bcrakhirnya masa studi mahasiswa di Perguruan Tinggi.
3.      Topik Tugas Akhir belum pernah dibuat sebelumnya oleh orang lain, dangan memenuhi beberapa kriteria:
a.       Memiliki dasar-dasar ilmiah yang dapat dikaji, khususnya pengkajian yang berkaitan erat dengan inatakuhan-matakuliah junisan.
b.      Mengandung nilai manfaat bagi masyarakat sccara umum dan bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

4.      Tugas Akhir diajukan dan dilaksanakan pada semester akhir atau telah . mcnempuh minimal 100 SKS untuk jenjang D3 dan minimal 130 SKS untuk jenjang S1 dengan melakukan perwalian dan pengisian pada formulir KRS.
5.      Tugas Akhir yang telah diambil atau dikontrak pada ,S.RS harus didaftar ulang di Koordinator TA / Sidang. Bagi mahasiswa yang tidak melaksanakan perwalian KRS dan tidak mendaftar ulang di Koordinator TA / Sidang, maka yang bersangkutan tidak akan dijadwalkan dalam Sidang Diploma / Srjana.
6.      Jika dalam waktu satu semester berjalan ( 6 bulan ) dan berganti semester TA belum selesai, mahasiswa yang bersangkutan diwajibkan kembali untuk perwalian dan mengambil kontrak TA pada KRS dan mendaftarkan kembali kepada Koordinator TA/Sidang.
7.      Bilamana mahasiswa yang bersangkutan dalam 1 tahun tidak dapat menyelesaikan TA, maka pembimbing memberikan rekomendasi dalam hal keputusan dilanjutkan atau tidak ( ganti judul/topic ).
8.      Bagi mahasiswa yang telah mengambil TA diwajibkan berkonsultasi clengan pembimbing minimal satu kali dalam satu bulan. Bila mahasiswa tidak bcrkonsultasi sampai tiga kali berturut-turut selama masa bimbingan maka TA dinyatakan gugur atau dievaluasi.
9.      Setiap konsultasi / tatap muka dengan dosen pembimbing disertai dengan pengisian Lembar Kemajuan Tugas Akhir yang diketahui olelt dosen pembimbing dan selanjutnya diserahkan kepada Koordinator TA dengan lerlebilt dahulu di fotocopy 2 kali ( 1 copy untuk dosen pembimbing, 1.copy untuk mahasiswa bersangkutan).
10.  Sidang diploma/sarjana dapat dilaksanakan setelah peserta mendaftar ke Koordinator TA paling lambat 7 (tujuh) hari sebelum pelaksanaan sidang, dan jumlah peserta sidang sarjana/diploma minimal 4 orang.
11.  Masa sidang sarjana/diploma dan yudisium dilaksanakan sekurang-kurangnya 2 kali dalam setalun.
12.  Bila hasil sidiang diploma / sarjana mahasiswa dinyatakan:
a.       Gagal total, maka mahasiswa tersebut harus melakukan siding ulang dengan membayar registrasi dan melaksanakan prosedur ul.g perwali. KRS dan pendaftaran TA dan Sidang Diploma/ Sarjana serta membayar uang sidang.
b.      Revisi, maka yang bersangkutan hanya memperbaiki TA dan tidak dikenai biaya.
B.  TUGAS AKII1R
1.      PERSYARATAN TUGAS AKIHIR
a.       Terdaftar sebagai mahasiswa aktif sampai semester yang berjalan.
b.      Beban studi yang telah dicapai:
·         100 SKS (IPK = 2.00) untuk D3.
·         130 SKS (IPK = 2.00) untuk S 1
c.       Lulus seluruh mata ktiliah utama dan pendukung, praktikum dan Kerja Praktek, min = C.
d.      Mencantumkan atau mengontrak mata kutiah TA pada KRS.
e.       Lunas biaya pendidikan sampai semester yang terakhir (bebas tunggakan). f. Membuat proposal TA.
2.      PROSEDUR TUGAS AKIIIR •
a.       Mendaftarkan diri dan mengambil formulir pengajuan TA di Koordinator.
b.      Menentukan pembimbing TA berdasarkan rekomendasi Ketua Jurusan.
c.       Menghadap dosen pembimbing yang dipililc untuk meminta persetujuan
d.      Mengisi dan menyerahkan forinutir pengajuan TA ke Koordinator sampai batas waktu yang ditentukan.
e.       Melampirkan persyaratan TA :
·         Proposal TA.
·         Surat Keterangan dari Ketua Jurusan bahwa telah memenuhi syarat akademik.
·         Salinan KRS semester terakhir (saat pengajuan TA di ambil).
·         Salinan bukti pelunasan pembayaran biaya pendidikan sampai semester terakhir (dikeluarkan oleh Keuangan).

f.       Mendapatkan bukti tanda terima penyerahan formulir pengajuan TA.



BAB III
FORMAT PENULISAN TUGAS
                               I.            Sistemtika Penulisan Tugas Akhir .
A.     Bagian Pembuka
1.      Halaman sampul.
2.      Halaman Judul.
3.      Abstrak.
4.      Halaman Pernyataan.
5.      Halaman Pengesahan.
6.      Kata Pengantar.
7.      Daftar Isi.
8.      Daftar Tabel, jika terdapat minimal dua tabel.
9.      Daftar Gambar, jika terdapat minimal dua gambar.
10.  Daftar Lampiran, jika terdapat minimal dua lampiran.
B.     Bagian Isi
1.      Pendahuluan.
2.      Landasan Teori.
3.      Metodologi Penelitian.
4.      Analisa dan Pembahasan.
5.      Kesimpulan dan Saran
C.     Bagian Penutup.
1.      Daftar Pustaka.
2.      Lampiran
A.    Bagian Pembuka.
1.      Halaman sampul.
Warna sampul laporan tugas akhir berwarna biru tua. Sampul dicetak dalam bentuk sampul keras (hard cover) dan diberi cetakan pada punggungnya. Pada sampul dicetak judul, nama lengkap penulis, nomor induk, logo STT Texmaco dan Jurusan. misalkan Teknik Industri, Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco, kota dan tahun.
Judul kerja praktek dan tugas akhir harus menarik, positif, singkat, spesifik, tetapi cukup jelas untuk menggambarkan penelitian atau kcgiatan yang dikerjakan. Pada umumnya, judul cenderung bersifat indikatif, artinya merujuk pada pokok bahasan dan bukan pada kesimpulan.
2.      Halaman Judul
Halaman judul merupakan halaman pertama. Sama halnya pada halaman sampul, nama penulis harus lengkap dan jangan sekali-kali disingkat. Kalimat-kalimat yang ditulis pada halaman judu1 harus simetri, dengan kata lain harus diletakkan di tengah-tengah daerah pengetikan.
3.      Abstrak
Abstrak merupakan bagian dari skripsi atau tugas akhir, Abstrak merupakan ulasan singkat mengapa penelitian dilakukan, bagaimana penelitian dilaksanakan, hasil yang penting-penting dan kesimpulan utama dari hasil kegiatan. Abstrak disusun dalam beberapa paragraf dan diketik dengan spasi satu, termasuk judul. Teks Abstrak disusun seperti menyusun paragraf. Abstrak terletak pada halaman setelah sampul, tidak diberi nomor halaman, dan tidak dimasukkan dalam Daftar Isi.
4.      Halaman Pemyataan.
Halaman ini memuat pernyataait bahwa topik dan isi pembahasan laporan tugas akhir merupakan hasil karya sendiri dan bukan hasil karya orang lain.
5.      Halaman Pengesahan.
Halaman ini memuat judul, nama mahasiswa, nomor induk mahasiswa, nama jurusan, nama dan tanda tangan para pembimbing, serta nama dan tanda tangan ketua jurusan. Dengan pengesahan ditempatkan setelah halaman judul.
6.      Kata Pengantar
Prakata dapat memuat informasi kapan dan lama penelitian dilakukan, lokasi, dan sumber dana penelitian bila biaya bukan berasal dari dana sendiri. Pada masa sekarang sering kali penelitian melibatkan orang lain, nyatakan terima kasih atas bantuan teknis dan saran yang Anda terima. Bila sescorang telah mernbantu dalam hal-hal tertentu, nyatakan ini secara spesifik.
7.      Daftar Isi.
Daftar isi disusun secara teratur menurut nomor halaman yang memuat daftar tabel, daftar gambar, judul bab serta sub bab, daftar pustaka dan lampiran.

Judul daftar isi diketik dengan huruf kapital dan ditempatkan di tengah-tengah, dua spasi di bawah nomor halaman. Kata "Halaman" untuk menunjukkan nomor halaman setiap bab atau sub bab diketik di pinggir halaman kanan yang berakhir pada batas pinggir kanan, dua spasi di bawah kata "Daftar Isi". Sustman daftar isi menyusul dua spasi di bawahnya. Bila daftar isi memerlukan lebih dari satu halaman maka pengetikan diteruskan pada halarnan berikutnya. Pengetikan antar bab dan antar sub bab diantarai dengan dua spasi, sedangkan antar anak bab satu spasi. Judul setiap bab diketik dengan huruf kapital dan judul sub bab hanya huruf pertama setiap kata yang diketik dengan huruf kapital kecuali kata depan dan kata sambung.
8.      Daftar Tabel dan Daftar  Gambar.
Daftar tabel dan daftar gambar tidak selalu diperlukan, kecuali bila lebili dari dua tabel dan gambar dipakai dalam menyusun laporan. Daftar tabel dan daftar gambar diketik" pada halaman tersendiri dengan format seperti daftar isi.
Jika terdapat grafik dalam laporan kerja praktek maupun tugas akhir ditulis dan dimasukkan dalam daftar gambar.
9.      Daftar Lampiran.
Sama seperti daftar tabel dan gambar, lampiran tidak perlu dibuat daftamya bila hanya ada satu dalam laporan Anda. Tata cara pengetikannya sama dengan Daftar Tabel dan Daftar Gambar. Tidak perlu ada pembedaan antara tabel lampiran atau gambar lampiran. Lampiran dapat berupa tabel,. gambar atau teks dan semuanya disusun dengan nomor urut sesuai dengan urutan penyebutannya dalam tubuh tulisan.
B.     Bagian Isi
1.      Pendahuluan
Bab pendahuluan biasanya memuat latar belakang yang dengan singkat mengulas alasan mengapa penelitian dilakukan, tujuan dan hipotesis jika ada. Berikan alasan yang kuat, termasuk kasus yang dipilih, alasan pemilihan, atau metoda yang akan digunak.
2.      Landasan Teori.
Landasan teori memuat tinjauan singkat dan jelas atas iew i yang mendasari penelitian. Pustaka yang digunakan ,,biliknya pustaka yang terbaru yang relevan dengan Indang yang diteliti. Uraian dalam landasan teori merupakan dasar untuk menyusun kerangka atau konsep yang digunakan dalam penelitian. Sumber pustaka dapat ditulis dalam daftar pustaka.
3.      Metodologi Penelitian.
Metodologi penelitian diuraikan terperinci (model yang digunakan, rancangan penelitian, teknik pengumpulan dan analisis data). Kegiatan yang dilakukan ditulis sesuai dengan urutan pengoperasiannya dengan menggunakan kalimat pasif.
4.      Analisa Dan Pembahasan
Sebelum menentukan apa yang harus ditulis dalam analisis dan pembahasan, penulis hendaknya membaca sekali lagi hipotesis atau tujuan penelitiannya. Cocokkan harapan itu dengan hasil utama. Dalam bagian inilah dituntut kemampuan Anda sebagai seorang sarjana.
Analisis dilakukan terhadap hasil pengolahan data yang telah dilakukan pada .bab sebelumnya, dilanjutkan dengan pembahasan terhadap hasil analisis yang Anda lakukan. Pada bagian pembahasan merupakan tempat bagi penulis untuk mengemukakan pendapat dan argumentasi secara bebas tetapi singkat dan logis. Arti temuan dari penelitian yang Anda lakukan perlu dibentangkan dan dijelaskan dalam memperluas cakrawala ilmu pengetahuan dan teknologi, juga dapat memberikan implikasi pada penerapannya, termasuk pula segi lain yang mcmerlukan.
5.      Kesimpulan Dan Saran.
Kesimpulan memuat ringkasan hasil penelitian dan jawaban atas tujuan penelitian atau hipotesis. Saran yang dikemukakan seharusnya berasal dari hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan atau hasil penelitian.

Bagian Penutup
1.      Daftar Pustaka
Bagian ini berupa suatu daftar dari semua artikel dan pustaka lain yang diacu secara langsung dalam landasan teori, kecuali bahan-bahan yang tidak diterbitkan dan tidak dapat diperoleh dari perpustakaan. Pencantuman pustaka selain merupakan suatu bentuk penghargaan pengaktian atas karya atau pendapat orang lain juga sebagai sopan santun professional.
2.      Lampiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar