Sabtu, 31 Oktober 2015

Latihan Tiga

Berlatih Arduino dengan LCD 16x2
Untuk latihan dasar arduino yang dihubungkan dengan lcd cobalah latihan dasar yang terdapat di contoh program bawaan. Klik File-Examples-liquid Crystal- Hello Word.
nah ini dia listing programnya.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------
/*
  LiquidCrystal Library - Hello World


  The circuit:
 * LCD RS pin to digital pin 12
 * LCD Enable pin to digital pin 11
 * LCD D4 pin to digital pin 5
 * LCD D5 pin to digital pin 4
 * LCD D6 pin to digital pin 3
 * LCD D7 pin to digital pin 2
 * LCD R/W pin to ground
 * 10K resistor:
 * ends to +5V and ground
 * wiper to LCD VO pin (pin 3)


 */

// include the library code:
#include <LiquidCrystal.h>

// initialize the library with the numbers of the interface pins
LiquidCrystal lcd(12, 11, 5, 4, 3, 2);

void setup() {
  // set up the LCD's number of columns and rows:
  lcd.begin(16, 2);
  // Print a message to the LCD.
  lcd.print("hello, world!");
}

void loop() {
  // set the cursor to column 0, line 1
  // (note: line 1 is the second row, since counting begins with 0):
  lcd.setCursor(0, 1);
  // print the number of seconds since reset:
  lcd.print(millis() / 1000);
}

--------------------------------------------------------------------------------------------------------

Program di atas di copy dari contoh program bawaan, sebagian komentar sengaja dihapus untuk menghemat layar dan memudahkan dalam menerangkan alur program. di baris atas program terdapat komentar yang menjelaskan bagaimana menghubungkan LCD dengan arduino

* LCD RS pin to digital pin 12
 * LCD Enable pin to digital pin 11
 * LCD D4 pin to digital pin 5
 * LCD D5 pin to digital pin 4
 * LCD D6 pin to digital pin 3
 * LCD D7 pin to digital pin 2
 * LCD R/W pin to ground
 * 10K resistor:

Jika masih bingung bagaimana menghubungkan LCD dengan Arduino maka cobalah cari di mesin google dengan mengetik " LCD 16x2 arduino ". maka akan tampil halaman yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. kunjungilah situsnya. Nah ini gambar cara menghubungkan  LCD dengan Arduino


Program di atas akan menghasilkan alat atau lcd menampilkan nilai detik waktu yang terus berjalan pada layar LCD baris ke 2 dan tulisan Hello World pada baris pertama. Nah coba rekan-rekan ganti hello world dengan kata Ini budi dan lakukan compiler dan upload ke alat niscaya tulisan akan berubah dengan kata ini budi.
Inti belajar mikrokontroller adalah terus belajar menulis programnya sehingga seorang programer akan menjadi mahir dengan sendirinya.cobalah rekan rekan berkreasi sendiri dengan cara merubah program di atas Misalnya :

1. Cobalah rubah program di atas agar dapat menampilkan tulisan selamat datang pada baris 1 dan baris 2 menampilkan nama sendiri. contoh " YADI ".
2. Cobalah untuk menampilkan yang lain sesuai dengan keinginan. berlatihlah sampai 10 kali perubahan program. niscaya rekan rekan akan lebih mahir. cobalah untuk langsung mengetik. jangan terbiasa copy paste.



Latihan tampilan layar lcd yang dapat berganti dengan cara menekan tombol




--------------------------------------------------------------------------------------------------------

#include <LiquidCrystal.h>
LiquidCrystal lcd(43, 45, 47, 49,51,53); // RS,E,D4,D5,D6,D7
int tampilan =1 ;
boolean  s1 = false ;
void setup() {
  lcd.begin(16, 2);
  pinMode(9,INPUT);
}

void loop() {
if (tampilan == 1 )  {
  lcd.clear () ;
  lcd.setCursor(0, 0);
  lcd.print("Percobaan LCD");
  lcd.setCursor(0, 1);
  lcd.print("aaaaa");
  if (digitalRead(9)==HIGH  && s1== false ){  tampilan =2 ; s1 = true ; }
  if (digitalRead(9)== 0)  s1 = false;
}

if ( tampilan == 2  )  {
  lcd.clear () ;
 lcd.setCursor(0, 0);
  lcd.print("Tampilan Dua");
lcd.setCursor(0, 1);
  lcd.print("bbbbbb" );
  if (digitalRead(9)==HIGH && s1== false ) { tampilan = 3 ; s1=true; }
  if (digitalRead(9)== 0 ) s1 = false;
}


if (tampilan == 3  )  {
  lcd.clear () ;
 lcd.setCursor(0, 0);
  lcd.print("Tampilan Tiga");
lcd.setCursor(0, 1);
  lcd.print("ccccc");
  if (digitalRead(9)==HIGH && s1== false ) { tampilan = 1 ; s1=true; }
  if (digitalRead(9)== 0) s1 = false;
}

delay (266) ;
}

--------------------------------------------------------------------------------------------------------



Latihan 4


Tidak ada komentar:

Posting Komentar